Parade Baju Adat Indonesia Ramaikan Hari Kebangsaan Ke-40 Brunei Darussalam

Parade baju adat nusantara ikut meramaikan parade peringatan Hari Kebangsaan ke-40 Negara Brunei Darussalam yang berlangsung di Stadium Negara Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Sabtu (24/2/2024). (Foto: Ist)

CURANMAI.com  Rakyat Merdeka – Parade baju adat nusantara ikut meramaikan parade peringatan Hari Kebangsaan ke-40 Negara Brunei Darussalam yang berlangsung di Stadium Negara Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Sabtu (24/2/2024).

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam, Achmad Ubaedillah, mengungkapkan, seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat Indonesia di Brunei turut berpartisipasi dalam perayaan tersebut diwakili oleh Persatuan Masyarakat Indonesia (PERMAI) bekerja sama dengan KBRI Bandar Seri Begawan.

Peserta parade Indonesia tahun ini diikuti oleh 70 orang peserta, yang 29 orang peserta diantaranya mengenakan baju adat dari daerah-daerah di Indonesia yang berbeda.

“Ini pertama kali bagi saya untuk hadir dan menyaksikan perayaan Hari Kebangsaan Brunei dan saya sangat bangga dengan komunitas Indonesia yang selalu aktif meramaikan kegiatan-kegiatan di Brunei, termasuk perayaan ini. Sangat terlihat bahwa masyarakat Indonesia diterima dengan baik oleh Pemerintah dan masyarakat Brunei”, ujar Ubaedillah yang hadir didampingi Ibu Siti Rif’ah. Turut menyaksikan barisan parade Indonesia dari tribun kehormatan bersama Sultan Hassanal Bolkiah dan para Duta Besar dari negara-negara sahabat.

Keragaman kostum yang dikenakan oleh peserta parade Indonesia ini menarik perhatian orang-orang yang hadir dalam perayaan tersebut, terlihat dengan banyaknya khalayak ramai yang meminta kesempatan untuk mengambil swafoto dengan peserta berbaju adat di sela-sela kegiatan parade.

Acara parade tersebut termasuk dalam rangkaian kegiatan dalam rangka perayaan Hari Kebangsaan Negara Brunei Darussalam yang jatuh pada tanggal 23 Februari. Tahun ini, perayaan Hari Kebangsaan dilaksanakan pada tanggal 24 Februari 2024.

Berbeda dengan perayaan-perayaan sebelumnya yang dilaksanakan di pusat kota Bandar Seri Begawan, perayaan Hari Kebangsaan kali ini diselenggarakan di Stadium Negara Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, agar dapat menampung lebih banyak peserta.

Peringatan Hari Kebangsaan ke-40 Brunei ini diikuti oleh lebih dari 10 ribu orang termasuk di antaranya adalah keluarga kerajaan, pejabat dan staf pemerintahan beserta keluarga, masyarakat umum, dan para tamu kehormatan dari perwakilan negara asing di Brunei.

Selain itu, tercatat sebanyak 163 barisan peserta parade yang terdiri dari dari militer, polisi, pemerintah, swasta, sekolah serta komunitas lokal dan asing. Selain Indonesia, komunitas asing yang mengikuti parade kali ini adalah Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Pakistan.https://cerahkanla.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*